Kebutuhan server perusahaan Skip to main content

Kebutuhan server perusahaan

IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEBUTUHAN SERVER

1.1 Kebutuhan pengembangan sistem
    Pada tahap implementasi pengembangan sistem ini, kami akan membuat Web Server. Yang membutuhkan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan juga jaringan (networking) yang nantinya akan digunakan untuk mengirimkan berita yang didapat ke publik luas.

    Dalam pemilihan spesifikasi mulai dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan (networking) penulis akan melakukan sebuah pertemuan antara kepala IT, dan network engineer pada hari yang ditentukan.

    Penulis juga akan mengambil satu dari beberapa vendor yang sudah mengajukan produknya ke PT.Maju Jaya dan akan dipertimbangkan untung dan ruginya dan nantinya akan dipilih satu vendor terbaik yang akan diajukan ke kepala divisi PT.Maju Jaya.

1.2 Menentukan jenis komputer server
    Dalam menentukan sebuah spesifikasi perangkat keras (hardware) yang nantinya akan digunakan oleh PT.Maju Jaya penulis, dan teknisi jaringan di PT.Maju Jaya merencanakan untuk menggunakan komputer yang spesifikasinya lebih baik, canggih, dan handal dalam beroperasi dibanding dengan komputer rakitan. Mengapa demikian, karena setiap harinya nanti akan berfungsi untuk mengirim dan mengunduh berita terbaru. Dan penulis sudah mengajukan ke kepala divisi PT.News Citygroup untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi handal dan canggih itu dan kepala divisi PT.Maju Jaya menyetujui rencana yang telah penulis buat.

1.3.1 Spesifikasi perangkat keras untuk server
    Seperti yang sudah diketahui server sangatlah sangat penting dalam lingkup teknologi yang sekarang sudah sangatlah modern begitu juga server untuk PT.Maju Jaya yang memerlukan web server untuk mengirim dan mengunduh berita terbaru setiap harinya. Dan juga server yang nantinya dibuat dapat melayani clientnya.

    Untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan itu maka dibutuhkan server yang dapat beroperasi 10X24 jam mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Dan perlu diingat komputer server harus sangatlah modern dikarenakan jika 1 jam saja server mati maka berapa banyak kerugian yang didapat karena tidak dapat mengirim berita terbaru ke publik luas.

    Untuk itu penulis sudah menyiapkan suatu server yang dapat membantu kegiatan operasional perusahaan tersebut untuk membantu mengirim dan mengunduh berita ke publik luas yang dilakukan PT.Maju Jaya.

    Penulis dan kepala IT PT.Maju Jaya sudah memutuskan untuk memilih server dengan merek IBM System X3500M4-C2A dikarenakan tingkat kehandalannya yang sangat tinggi.

    Berikut ini spesifikasi perangkat keras server merek IBM System X3500M4-C2A:
•   Intel® Xeon® Six Core Processor E5-2620 (15M Cache, 2.00 GHz, 7.20 GT/s Intel® QPI)
•    8GB ECC DDR3-10600 RDIMM 1333MHz
•    Integrated Matrox G200e 16 MB
•    Integrated 10/100/1000 Ethernet
•    Monitor LED 21’
•    IBM Keyboard
•    IBM Mouse

1.3.2 Spesifikasi perangkat keras untuk client
    Perangkat keras client merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan oleh pengguna/karyawan yang bertugas untuk melakukan pekerjaannya di PT.Maju Jaya yang nantinya tugasnya adalah memonitoring berita terbaru, mengirim berita, mengunduh berita, mencari tahu kebenaran berita, menyelidiki lebih dalam berita tersebut, yang 90% pekerjaan mereka menggunakan internet.

    Penulis dan kepala IT PT.Maju Jaya sudah memutuskan untuk menggunakan komputer dekstop untuk pengguna. Untuk merek dari komputer client PT.Maju Jaya penulis dan kepala IT PT.Maju Jaya telah memutuskan untuk menggunakan merek DELL sebagai komputer client di PT.Maju Jaya. Karena menurut penelitian kami komputer merek DELL mampu membantu tugas yang nantinya akan dilakukan oleh pengguna di PT.Maju Jaya

    Berikut ini spesifikasi perangkat keras client merek DELL Inspiron 3847MT (Core i7-4770) :
•    Intel® Core™ i7-4770 Processor (3.90 GHz, Cache 8M)
•    8 GB DDR3 PC-12800
•    NVIDIA GeForce 1GB 
•    2 TB Serial ATA
•    DVD±RW
•    Wireless keyboard & mouse
•    Monitor LED Samsung 17’

1.4.1 Spesifikasi perangkat lunak untuk server
    Penulis dalam hal perangkat lunak (software) akan membagi menjadi 2 kategori yaitu perangkat lunak wajib dan perangkat lunak tidak wajib. Yang dimaksud penulis perangkat lunak wajib adalah perangkat lunak yang harus terinstall demi mendukungnya kinerja yang dilakukan PT.Maju Jaya dan perangkat lunak tidak wajib merupakan fitur keamanan untuk menjaga keamanan dari web server tersebut.

    Berikut ini perangkat lunak wajib yang akan diinstall pada server :
•    Operating System Microsoft Windows Server 2000
•    Apache HTTP Web Server
•    WampServer 2, meliputi :
– Apache 2.2.21
– Php 5.3.8
– Mysql 5.5.16
– Xdebug 2.1.2
– XDC 1,5
– PhpMyAdmin 3.4.5
– SQLBuddy 1.3.3
– WebGrind 1.0
•    Adobe reader versi XI keatas

    Berikut ini perangkat lunak tidak wajib yang akan diinstall pada server :
•    Anti virus AVG File Server Businees Edition
•    Network and bandwith monitoring
•    Winzip versi 9 keatas

1.4.2 Spesifikasi perangkat lunak untuk client
    Perangkat lunak untuk client sangatlah berguna untuk menunjang pekerjaan yang nantinya akan digunakan sehari-hari karyawan. Disini kami merencanakan untuk memberi perangkat lunak (software) bagi komputer dekstop pengguna (client) supaya pekerjaan mereka setiap hari berjalan dengan lancar.

    Disini kami juga membaginya kedalam 2 kategori, yaitu kategori software wajib dan software tidak wajib. Yang dimaksud dengan software wajib adalah software yang harus ada di komputer dekstop client supaya client dapat mengerjakan tugasnya dengan baik. Dan software tidak wajib ialah pendukung atau hanya keamanan saja dari komputer dekstop client tersebut.

    Berikut ini perangkat lunak wajib yang akan diinstall pada komputer client:
•    OS Windows 7 Ultimate x64
•    Google Chrome
•    Mozilla Firefox
•    Safari
•    Adobe reader versi XI keatas
•    Microsoft Office 2013
•    Corel video studio
•    Corel draw
•    Adobe photoshop

    Berikut ini perangkat lunak tidak wajib yang akan diinstall pada komputer client:
•    Antivirus Avast
•    WinRAR/WinZIP
•    VLC media player

1.5 Spesifikasi jaringan (networking)
    Setelah penulis dan tekniki jaringan PT.Maju Jaya telah selesai memilih perangkat keras dan perangkat lunak untuk server dan client saatnya penulis, desainer jaringan, teknisi jaringan, dan kepala IT akan merencanakan konsep dari jaringan yang akan dibuat.

    Penulis membenarkan bahwa jaringan pada PT.Maju Jaya  sangatlah penting karna 90% operasional PT.News Citygroup menggunakan internet.

    Penulis, desainer jaringan, teknisi jaringan, dan kepala IT merencanakan menghubungkan 3 divisi menjadi satu yaitu divisi pengunduhan, divisi pengiriman, divisi pengeditan yang akan dihubungkan melalui sebuah switch diteruskan ke router dan menuju ke server. Pada gambar dibawah dapat dilihat bahwa terdapat :
1.    Divisi pengunduhan yang memiliki 4 komputer dan 1 buah printer
2.    Divisi pengiriman yang memiliki 5 komputer dan 1 buah printer
3.    Divisi pengeditan yang memiliki 6 komputer dan 2 buah printer

    Penulis, desainer jaringan, teknisi jaringan, dan kepala IT tidak terlalu banyak batasan akan hubungan di perusahaan Maju Jaya ini, namun hanya batasan penggunaan printer yang sudah ada di setiap divisi yaitu 1 buah printer.

1.6 Topologi jaringan PT Maju Jaya
    Berikut ini merupakan rencana/konsep jaringan yang akan penulis dan tim buat untuk PT.Maju Jaya :


1.7 Evaluasi sistem
    Setelah implementasi yang telah penulis lakukan maka penulis merasa sangat perlunya untuk melakukan evaluasi apakah sistem yang telah penulis dan tim PT.Maju Jaya buat sudah memenuhi atau belum kriteria jaringan Web Server. toko bunga di karawang, toko bunga tambun

    Evaluasi dilakukan dengan cara mendatangkan beberapa orang IT ke PT.Maju Jaya untuk melakukan percobaan sistem jaringan dan membuat pertanyaan untuk karyawan PT.Maju Jaya apakah sistem yang penulis dan tim buat sudah dapat memenuhi untuk operasional karyawan di PT.Maju Jaya.




Comments

Banyak dibaca

Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)

  Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)   Tujuan 1. Mengetahui sejarah windows server 2008 2. Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan pada Windows Server 2008. 3. Mengetahui spesifikasi minimum hardware dan software windows server 2008. 4. Memahami jenis jenis windows server 2008. 5. Mengetahui spesifikasi 32 dan 64 bit pada windows 7 Konsep dasar Windows Server 2008 Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003 . Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu

4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Cetak Terbaik

Dalam dunia kerja atau dunia kuliah tentunya banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan untuk tugasnya ataupun untuk dokumen penting sebagai laporan pertanggungjawaban kepada atasan jika anda merupakan salah satu orang yang belum mengetahui didaerah mana letak percetakan terbaik di bekasi, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk membaca informasi 7 percetakan printing terbaik di bekasi. 4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Print Terbaik, Cocok Untuk Anak Kuliah Desain 1. Digital Printing Bekasi Banyak nya kompetitor tidak membuat digital printing yang sudah berdiri sejak 10 tahun lebih ini patah semangat untuk memberikan inovasi baru dari tahun ke tahun, kelebihan dari toko ini yaitu memiliki tenaga kerja yang cukup dan berpengalaman, sehingga hasil print dan waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Digital Printing Bekasi adalah salah satu toko printing yang bisa dipercaya kualitasnya Informasi  Alamat    : Herjaya Print & Signage,

Pengertian IP Address dan Penjelasannya

Pengertian IP  addres Internet Protocol Address  atau sering disingkat  IP ) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan  Internet . Panjang dari angka ini adalah  32-bit  (untuk  IPv4  atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk  IPv6  atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari  komputer  tersebut pada jaringan Internet berbasis  TCP/IP Cara mengonversi angka yang biasa terdapat pada IP Address menjadi bilangan biner dengan manual sekaligus menghihitung ip broadcast dan IP Network pada suatu IP address yang diketahui, akan saya paparkan di sini: Cara mengonversi Bilangan bulat ke dalam Bil. Biner Sebelumnya apakah anda sudah benar benar mengerti tentang apa itu bilangan biner, jika belum saya akan jelaskan terlebih dahulu. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1, bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Sistem ini juga dapat