Network time protokol itu apa ya? Skip to main content

Network time protokol itu apa ya?

topology

Pada server setting ipnya di tambahkan gateway & dns agar bisa terhubung ke internet. Gunakan Ip sesuai dengan Ip yang disetting untuk terhubung ke internet. Ingat ip yang digunakan adalah Ip yang digunakan pada modem/wifi yang digunakan untuk terhubung keinternet.

editan 1

Lalu install aplikasi NTP-nya dengan perintah
# apt-get install ntp

Karna saya menggunakan debian 5, jadi masukan cd debian 5 agar instalasi dapat berjalan. Setelah selesai menginstall, kita edit file ntp.conf dengan perintah:
# nano /etc/ntp/conf

editan 4

Lalu ubah server 0,1,2,3 menjadi servernya indonesia dengan awalan id. Konfigurasi ini dilakukan agar server bisa terhubung dengan server ntp indonesia. Masih di dalam file ntp.conf (paling bawah) ubah restrict (network), mask dan broadcastnya dan tambahkan nomodify dan notrap. Tujuan konfigurasi ini agar server bisa membagikan ntp indonesia ke client supaya client bisa menikmati ntp indonesia.

editan 5

Setelah semua telah di konfigurasi, kita restart menggunakan perintah:
# /etc/init.d/ntp restart
lalu kita cek ntp yang kita setting tadi dengan perintah ntpq –p dan berikut empat nama ntp terdekat. Ini membuktikan bahwa ntp milik server telah tersinkronisasi dengan ntp Indonesia.

editan 6

Lalu kita cek waktu di server, menggunakan perintah date dan dari waktu itulah settingan waktu untuk  server ntp indonesia. Lalu kita coba di client, agar client dapat menskronisasi waktunya dengan waktu ntp indonesia. server ntp yang kita buat, telah membagikan ntpnya ke client. tinggal client yang harus menerima. cara menerimannya adalah pertama setting alamat Ip. Karna topologinya seperti gambar di atas, maka ip yang client gunakan adalah sebagai berikut.

Setting Ip pada client windows
Ip address 192.168.1.3
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.1.1

Setting Ip pada client linux
Ip address 192.168.1.4
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.1.1

Dengan syarat ip yang dikonfigurasi diatas adalah Ip yang digunakan untuk connect ke internet menggunakan modem /wifi.

1. Setting NTP pada client windows
Pertama setting pada client windows. Setelah ip telah di konfigurasi, kita setting waktunya. Pertama klik kanan pada jam di bagian pojok bawah lalu pilih adjust date/time.

editan 10

Pilih pada menu Internet Time dan klik Change settings

editan 11

Lalu masukan Ip Server dan klik Update Now. Jika belum berhasil, berarti ada kesalahan saat mengkonfigurasi. Ulangi dan coba lagi bagi yang gagal.

editan 12

2. Setting NTP pada Client linux
Bagaimana jika clientnya adalah sistem operasi selain windows yaitu linux. Saya disini menggunakan client linux opensuse, bagaimana caranya? pertama jalankan sistem operasinya. Lalu atur Ip nya. Klik disini untuk cara setting Ip pada open suse

Setelah setting ip, kita akan konfig ntpnya dengan mode CLI jadi kita akan buka terminalnya opensuse. Lalu dengan perintah nano /etc/ntp.conf lalu ubah penerimaan ntpnya menjadi 192.168.1.2 (sesuaikan ip server2) dan tambahkan iburst pada akhir sintaks.toko bunga di taman mini 

new 1

Setelah itu kita restart ntpnya agar konfigurasi dapat berjalan sesuai yang diinginkan. dengan perintah
/etc/init.d/ntp/restart

Lalu cek ntp servernya. Dengan perintah ntpq –p maka ntp server2 sudah terbaca oleh client.

new 2

Selain menggunakan terminal ada juga metode yang menggunakan mode dekstop, caranya buka control panel (yast) lalu pilihlah pada menu network service dan pilih NTP Configuration.

new 3

Setelah itu pada konfigurasinya ceklist now and on boot agar kita bisa setting ntp secara manual. Setelah itu masukan ip server ntpnya dengan cara mengklik pada edit untuk mengubah server ntpnya.

new 4

Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Masukan ip ntp server yang digunakan lalu klik test.

new 5

JIka berhasil, maka akan muncul jendela pop-up seperti gambar dibawah ini. Maka ntp client mode dekstop telah selesai dikonfigurasi. Jika tampilan tidak sama, atau bertuliskan server is unreachable. Hal ini menandakan bahwa ada kesalahan saat mengkonfigurasi ntp.

new 6

Comments

Banyak dibaca

Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)

  Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)   Tujuan 1. Mengetahui sejarah windows server 2008 2. Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan pada Windows Server 2008. 3. Mengetahui spesifikasi minimum hardware dan software windows server 2008. 4. Memahami jenis jenis windows server 2008. 5. Mengetahui spesifikasi 32 dan 64 bit pada windows 7 Konsep dasar Windows Server 2008 Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003 . Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu

4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Cetak Terbaik

Dalam dunia kerja atau dunia kuliah tentunya banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan untuk tugasnya ataupun untuk dokumen penting sebagai laporan pertanggungjawaban kepada atasan jika anda merupakan salah satu orang yang belum mengetahui didaerah mana letak percetakan terbaik di bekasi, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk membaca informasi 7 percetakan printing terbaik di bekasi. 4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Print Terbaik, Cocok Untuk Anak Kuliah Desain 1. Digital Printing Bekasi Banyak nya kompetitor tidak membuat digital printing yang sudah berdiri sejak 10 tahun lebih ini patah semangat untuk memberikan inovasi baru dari tahun ke tahun, kelebihan dari toko ini yaitu memiliki tenaga kerja yang cukup dan berpengalaman, sehingga hasil print dan waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Digital Printing Bekasi adalah salah satu toko printing yang bisa dipercaya kualitasnya Informasi  Alamat    : Herjaya Print & Signage,

Pengertian IP Address dan Penjelasannya

Pengertian IP  addres Internet Protocol Address  atau sering disingkat  IP ) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan  Internet . Panjang dari angka ini adalah  32-bit  (untuk  IPv4  atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk  IPv6  atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari  komputer  tersebut pada jaringan Internet berbasis  TCP/IP Cara mengonversi angka yang biasa terdapat pada IP Address menjadi bilangan biner dengan manual sekaligus menghihitung ip broadcast dan IP Network pada suatu IP address yang diketahui, akan saya paparkan di sini: Cara mengonversi Bilangan bulat ke dalam Bil. Biner Sebelumnya apakah anda sudah benar benar mengerti tentang apa itu bilangan biner, jika belum saya akan jelaskan terlebih dahulu. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1, bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Sistem ini juga dapat