Cara Membangun Server Proftpd Skip to main content

Cara Membangun Server Proftpd




1. Pertama-tama lakukan pengaturan IP di server PROFTPD nya, dengan perintah ‘nano /etc/network/interfaces’. 

 
2. Lalu atur IP terserah kalian.

 


3. Setelah mengatur IP saatnya untuk merestart, dengan perintah ‘/etc/init.d/networking restart’.


 
 4. Setelah itu saatnya menginstall PROFTPD, dengan perintah ‘apt-get install proftpd’.


 
 5. Lalu ada pilihan seperti berikut, pilih saja standalone.

 


6. Lalu buat direktori terpusat, dengan perintah ‘mkdir (namadirektori)’.


7. Setelah membuat direktori, edit file PROFTPD nya, dengan perintah ‘nano /etc/proftpd/proftpd.conf’.


8. Lalu cari tulisan default root seperti berikut ini.


9. Jika sudah ditemukan, ubah menjadi seperti berikut ini, samping default root masukan direktori yang tadi dibuat.


10. Setelah mengedit file PROFTPD nya, saatnya merestart, dengan perintah ‘/etc/init.d/proftpd restart’.


11. Lalu pada sisi client, atur IP pada client windowsnya, gateway nya adalah IP server PROFTPD.







 12. Jika sudah diatur IP nya, coba lakukan PING ke IP server.


13. Jika sudah terhubung ke server coba buat satu user lagi di server PROFTPD nya. Dengan perintah ‘adduser (namauser)’.


14. Pada client coba log on ke ftp, dengan mengetikan ‘ftp://(IPSERVER)’ pada windows explorer. Dan coba masuk dengan user pertama dahulu.


15. Lalu akan terlihat direktori yang terpusat yang kita buat tadi.


16. Lalu coba masuk ke ftp lagi dengan menggunakan user kedua yang tadi dibuat.


17. Lalu akan terlihat juga direktori terpusat yang tadi sudah kita buat di server PROFTPD.


   18. Lalu kita akan membuat kedua user tersebut memiliki hak yang berbeda untuk membuat/mengupload sebuah file. Pertama ketikan perintah ‘nano /etc/proftpd/proftpd.conf’.


19. Lalu scrool ke paling bawah sampai terlihat tulisan seperti berikut ini.


20. Lalu tambahkan tulisan menjadi seperti berikut ini, yaitu user fadlan memiliki hak untuk membuat file maksimum 10 MB dan user andrianmuljadi memiliki hak untuk membuat file maksimum 20 MB.









21. Setelah itu restart dengan perintah ‘/etc/init.d/proftpd restart’.


22. Coba uji coba di client, dengan memilih sebuah file yang besar nya melebihi maksimum hak yang dimiliki oleh kedua user.


23. Lalu copy file tersebut.


24. Setelah itu coba log on dengan user pertama terlebih dahulu yang memiliki hak untuk membuat file maksimum 10 MB.


25. Lalu akan terlihat tulisan error berikut, dikarenakan hak yang dimiliki untuk membuat file melebihi dari yang telah ditentukan.



26. Lalu coba kita ubah hak file maksimum file alan dengan 100 mb


 

27. Lalu lakukan hal yang sama yaitu copas file video tadi, dan kita lihat apakah berhasil?ya ternyata berhasil karena file video hanya 25 mb saja sedangkan hak maksimum file yang dimiliki yaitu 100 mb. toko bunga di bekasi


 



28. Lalu sekarang kita akan membuat PROFTPD tersebut menjadi anonymous yang artinya siapa saja bisa masuk tanpa menggunakan username dan password. Pertama ketikan perintah ‘nano /etc/proftpd/proftpd.conf’.


29. Lalu cari tulisan seperti berikut ini.


30. Lalu hapus tanda # dari sampai


 






31. Setelah menghapus tanda #, saatnya merestart, dengan perintah ‘/etc/init.d/proftpd restart’.

32. Dan tanpa login  meminta username dan password kini PROFTPD bisa dimasukan oleh anonymous yang memiliki hak untuk masuk ke ftp tanpa memasukan username dan password.
























Comments

Banyak dibaca

Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)

  Analisis spesifikasi server(windows server 2008) dan client (windows7)   Tujuan 1. Mengetahui sejarah windows server 2008 2. Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan pada Windows Server 2008. 3. Mengetahui spesifikasi minimum hardware dan software windows server 2008. 4. Memahami jenis jenis windows server 2008. 5. Mengetahui spesifikasi 32 dan 64 bit pada windows 7 Konsep dasar Windows Server 2008 Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003 . Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu

4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Cetak Terbaik

Dalam dunia kerja atau dunia kuliah tentunya banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan untuk tugasnya ataupun untuk dokumen penting sebagai laporan pertanggungjawaban kepada atasan jika anda merupakan salah satu orang yang belum mengetahui didaerah mana letak percetakan terbaik di bekasi, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk membaca informasi 7 percetakan printing terbaik di bekasi. 4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Print Terbaik, Cocok Untuk Anak Kuliah Desain 1. Digital Printing Bekasi Banyak nya kompetitor tidak membuat digital printing yang sudah berdiri sejak 10 tahun lebih ini patah semangat untuk memberikan inovasi baru dari tahun ke tahun, kelebihan dari toko ini yaitu memiliki tenaga kerja yang cukup dan berpengalaman, sehingga hasil print dan waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Digital Printing Bekasi adalah salah satu toko printing yang bisa dipercaya kualitasnya Informasi  Alamat    : Herjaya Print & Signage,

Pengertian IP Address dan Penjelasannya

Pengertian IP  addres Internet Protocol Address  atau sering disingkat  IP ) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan  Internet . Panjang dari angka ini adalah  32-bit  (untuk  IPv4  atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk  IPv6  atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari  komputer  tersebut pada jaringan Internet berbasis  TCP/IP Cara mengonversi angka yang biasa terdapat pada IP Address menjadi bilangan biner dengan manual sekaligus menghihitung ip broadcast dan IP Network pada suatu IP address yang diketahui, akan saya paparkan di sini: Cara mengonversi Bilangan bulat ke dalam Bil. Biner Sebelumnya apakah anda sudah benar benar mengerti tentang apa itu bilangan biner, jika belum saya akan jelaskan terlebih dahulu. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1, bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Sistem ini juga dapat