NFS Skip to main content

NFS

NFS (Network File System) digunakan untuk memount atau menggabungkan direktori pada komputer lain seolah-olah seperti direktori lokal. Sistem operasi yang digunakan dalam Memounting adalah Sistem operasi yang mmenuhi standar postfix yaitu Linux, BSD Family (BSD, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD), Unix Famili (Tru64Unix, Hp-UX, AIX, ieix) dan sun Family (Solaris, sun OS).

Dalam laporan ini saya menggunakan topologi sederhana antara Client dan server yang yang nantinya akan dimounting. Maka topologinya akan seperti gambar berikut.



Lalu atur Ip diserver debian dengan menggunakan perintah
#nano /etc/network/interfaces
agar bisa saling terhubung antara client dengan server nantinya. Ip server yang digunakan adalah 10.10.10.1 dengan netmask /30 menggunakan teknik subnetting. Jadi broadcast dari /30 yang kita gunakan adalah 10.10.10.3



Setelah itu restart networknya. Dengan menggunakan perintah :
# /etc/init.d/networking restart

Lalu install paketnya dengan menggunakan aplikasi nfs-kernel-server dengan menggunakan perintah
# apt-get install nfs-kernel-server

Setelah itu kita coba buat user akan kita share ke client. Kenapa harus buat user? kenapa tidak buat direktory untuk dishare saja? sebenarnya sama saja, saya hanya ingin membuat user dan dari direktori user tersebut adalah direktori yang ingin saya share. Bisa juga jika kalian ingin membuat direktori untuk dishare, hal itu terserah pada keinginan.



Jika kalian sudah membuat direktory yang ingin dishare, sekarang kita edit file export. dengan menggunakan perintah
# nano /etc/exports.

Lalu tambahkan paling bawah : direktory yang ingin di share, Ip yang akan diakses client (network Ip juga bisa) menggunakan netmask. (rw,no_root_squash,no_subtree_check,async).
  • rw : memberikan akses read and write kepada client,
  • no_root_squash : tidak ada penyamaan root pada client dengan root pada server,
  • no_subtree_check : tidak ada pengecekan subtree pada direktori yang dimount,
  • sync : untuk sinkronisasi antara perubahan di client dengan direktori yang sebenarnya di server.



Pada gambar diatas, Ip yang bisa diakses oleh client adalah 10.10.10.2 karna menggunakan netmask /30. netmask /30 hanya memiliki 2 host yang bisa digunakan. Sedangkan server sudah menggunakan 1 host. Bagaimana jika menggunakan /24, akses Ip yang diberikan adalah 10.10.10.2 – 10.10.10.254 terdapat 254 host yang bisa digunakan. Ingat ini adalah perhitungan subnetting.

Pada gambar diatas pengaturan Network file system (yang berada didalam tanda kurung setelah Ip Network) berlaku kepada seluruh Ip yang bisa digunakan dalam jaringan Ip Network tersebut. Bagaimana jika kita memisahkan salah satu Ip dari konfigurasi yang kita berikan? Contohnya jika hanya ada 2 client. Dan kita ingin membuat konfigurasi baru untuk salah satu pemilik Ip yaitu Ip 10.10.10.3. Maka sintaks yang kita gunakan adalah sebagai berikut.
/home/alfa 10.10.10.2/30(rw,no_root_squash,no_subtree_check,async)
10.10.10.3/30(ro,no_root_squash,async)
Maka Ip Network kita ubah Ip 10.10.10.2 untuk konfigurasi lama dan kita tambahkan Ip 10.10.10.3 untuk konfigurasi baru. Jadi pengaturan network file system antara Ip 10.10.10.2 dengan 10.10.10.3 berbeda.

Kembali lagi ke konfigurasi sebelumnya. Setelah mengkonfigurasi jangan lupa untuk merestart NFSnya dengan perintah.
#/etc/init.d/nfs-kernel-server restart

Lalu atur Ip di client (disini saya menggunakan OpenSuse) 10.10.10.2/30 ingat kita menggunakan netmask /30 jadi Ip yang client bisa gunakan hanya 10.10.10.2




Lalu atur gatewaynya dengan menggunakan Ip Server dan pastikan eth0. Tujuannya adalah agar koneksi client bisa terhubung ke server. toko bunga di taman mini



Lalu pada client kita buat direktori untuk menerima mounting. Saya membuat direktory sharedata pada root. Jadi jangan lupa masuk root dan gunakan perintah :
# mkdir sharedata

  • Lalu kita coba mount dengan perintah
  • mount :
  • contoh : # mount 10.10.10.1:/home/alfa /sharedata



Jika terjadi error seperti gambar diatas, biasanya hal tersebut disebabkan rpcbind yang tidak berjalan. kita coba restart rcpbind nya. Dengan perintah :
# /etc/init.d/rpcbind restart

Jika sudah direstart, kita coba mounting lagi dan jika sudah berhasil, kita coba buat direktory pada client untuk mengetest apakah proses mounting sudah berjalan dengan baik. Kita coba buat direktory testing pada direktory client yang dimount yaitu direktory /sharedata.



Jika sudah dibuat pada client kita cek diserver, maka direktory testing akan terbuat pada direktory server yang di mounting.

Comments

Banyak dibaca

Download Driver Printer Epson L385 Free For Windows 7,8,10

Download Driver Printer Epson L385,L365 Dan lainnya.

Pertama saya akan memperkenalkan produk Printer Epson L385
Secara singkat, Printer Epson L385 ini memiliki keunggulan salah satunya yaitu head dan catridge terpisah dan pengisian tinta pun ada di luar sehingga kemungkian head atau catridge untuk rusak sangat jauh dibanding dengan printer lainnya.

nah keunggulan yang lainnya yang saya sudah rasakan adalah kualitas yang sangat bagus dalam menscan dokumen foto atau apapun itu ketika saya scan nampak hasilnya sangat bagus sekali, silahkan anda coba sendiri.

Nah untuk memanfaatkan waktu marilah kita mulai tutorial bagaimana cara instal dan link download Printer Epson L385


Hal - hal yang harus di lakukan adalah

Pertama
Download driver di link berikut ini Driver Epson L385

Kedua
Klik Driver yang sudah di download tadi dan klik run dan muncul jendela untuk instal lalu klik yes

Ketiga
Kemudian setelah itu file akan compres otomatis dan keluar beberapa step untuk instal Printer Epson L385 dan…

TEMA LINE OFFICIAL GRATIS

Berikut ini adalah Kumpulan tema LINE official gratis part 2 untuk pengguna Android dan iPhone/iPad (iOS). Kumpulan tema LINE official ini dapat kamu download gratis dan akan kami selalu update bila ada versi terbarunya. Tambahkan akun official LINE inwepo untuk update info tutorial menarik lainnya: Cara download tema: Tap atau klik link tema yang ingin di download.lewati link url(skip ad).Akan di arahkan ke mediafire.Tap atau klik  tombol download.Tutorial penggunaan dan cara ganti tema; Cara Ganti Tema LINE Manual Tanpa Aplikasi di Android (rekomendasi)Cara Ganti Tema LINE Menggunakan Aplikasi Theme ChangerCara Ganti Tema LINE di iOSCara Mengatasi “unable to apply the theme” di Android dan iOSCara Mengatasi Ganti Tema Line yang Kembali ke SemulaCara Mengatasi “Import Fail” (Gagal Import Tema) di Theme ChangerCara Mengatasi Download tema di Mediafire yang Gagal/tidak komplit di browser Google ChromeCara Mudah Ganti Tema LINE Dengan LINE Mod(Baru)Kumpulan Tema LINE Creator Gratis Baru! 2…

Download Line premium 7.5.0.apk

Download Line Premium 7.5.0 apk
Halo sahabat Kalian tentu sudah tahu betapa banyaknya pengguna line khususnya di Indonesia nah namun ada beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan ketika kita menggunakan Line versi yang tidak sesuai dengan ketentuan contohnya adalah ketika kita ingin bermain game yang difasilitasi oleh Line yang bernama Werewolf Party 2 pada game tersebut hanya Line diatas 7.5 yang bisa menggunakan Game tersebut.
Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi link download line versi 7.5.apk. di bawah ini
DOWNLOAD LINE PREMIUM 7.5.0.APK

Cara Menggunakan Line Premium versi 7.5.0
Saat pertama kali instalasi, kalian tidak dapat langsung mengunduh tema yang ada pada aplikasi line premium ini, kalian harus mengaktifkan sebuah fitur pada line premium.

Uninstall Line original milik kalian. dont worry broth semua data, baik tema atau sticker yang telah kalian beli / unduh tidak akan hilang. Kalian dapat mengunduh kembali setelah login, unduh sticker yang telah kalian beli sebel…