installasi windows server 2008 Skip to main content

installasi windows server 2008

Installation windows server 2008

Hasil gambar untuk windows server 2008

Tujuan pembelajaran
1.      Mengenal sejarah singkat windows server 2008
2.      Mengetahui cara konfigurasi windows server 2008
3.      Memahami instalasi windows server 2008

Konsep dasar
Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dariWindows Server "Longhorn".
Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antaraWindows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu. Produk ini rencananya akan dipasarkan pada pertengahan kedua tahun 2007 ini. Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista; karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Karena Windows Vista, oleh Microsoft, menawarkan kemajuan secara teknis dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya, maka hal-hal yang dimiliki oleh Windows Vista juga dimiliki oleh Windows Server 2008. Contohnya adalah network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan); instalasi yang lebih mudah; diagnosa, pemantauan dan pencatatan yang lebih baik; keamanan yang lebih tangguh seperti BitLocker Drive Encryption, Address Space Layout Randomization (ASLR), Windows Firewall yang lebih baik; teknologi Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication Foundation, Microsoft Message Queuing (MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW), dan juga peningkatan pada sisi kernel.


Instalasi Windows server 2008

Prosesnya adalah sebagai berikut :
  1. Masukkan DVD Windows Server 2008 kedalam optical drive yang ada di komputer , setelah itu restart komputer .
  2. Maka akan muncul pesan Press any key to boot from CD, tekan lah sembarang tombol (misalnya Enter).
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan baru berwarna hitam dengan tulisan Windows is loading files, disusul dengan tampilan loading lagi dengan tulisan Microsoft Corporation.
capture-12
4.Kemudian akan muncul pada jendela baru yang berisi Language to install, yaitu pilihan untuk bahasa yang akan digunakan. Time and currency format, yaitu pilihan waktu dimana lokasi berada. Keyboard or input method adalah jenis keyboard yang akan digunakan. Pilihlah sesuai dengan selera atau kebutuhan . Pada contoh ini, saya menggunakan pengaturan default. Klik Next.
capture-2

5.Langkah selanjutnya akan muncul pada jendela yang terdapat tombol Install Now. Dimana jika mengklik tombol itu intalasi akan segera dilakukan. Maka kliklah tombol Install Now tersebut.
capture
6.Jendela selanjutnya akan diminta untuk memasukkan Product Key. Jika memilikinya silahkan masukkan. Disini saya akan mencoba versi trial, dan Automatically activate Windows when Im online saya uncheck, setelah itu langsung saya klik Next
capture-4.
7.Maka akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah ingin memasukkan Product Key sekarang atau tidak. Jika sudah memasukkan Product Key sebelumnya, maka klik Yes, jika menggunakan versi yang trial, klik No.
capture-5
8.Langkah selanjutnya adalah memilih edisi Windows Server 2008 yang akan install. Edisi yang pilih haruslah sesuai dengan kebutuhan . Untuk lebih jelasnya tentang edisi-edisi pada Windows Server 2008 bisa tanya mbah Google, karena akan sangat panjang jika dijelaskan disini. Pada contoh kali ini saya menggunakan edisi Windows Server 2008 Enterprise (Full Installation). Berikan juga centang pada I have selected the edition of Windows that I purchased. Jika sudah klik Next.
capture-6
9.Pada jendela selanjutnya akan ditampilkan mengenai aturan dari lisensi Windows Server 2008. Bacalah bila perlu. Jika sudah berikan centang pada I accept the license terms, kemudian klik Next.
capture-7
10.Langkah Selanjutnya akan ditanya tipe instalasi apa yang akan gunakan. Upgrade adalah tipe instalasi yang digunakan apabila sebelumnya di komputer sudah terinstal Windows Server versi sebelum 2008 dan ingin melakukan upgrade. Karena di dalam komputer saya ini tidak terdapat sistem operasi apapun alias masih kosong melompong, maka opsi Upgrade ini terdisable. Sedangkan pilihan Custom (Advanced) adalah pilihan yang digunakan untuk melakukan instalasi secara custom. Dengan pilihan Custom bisa menentukan di partisi mana Windows Server akan diinstal, toko bunga di tambun berapa space harddisk yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Pada tutorial ini saya menggunakan pilihan Custom.
capture-8
11.Selanjutnya akan ditanya, dimana akan menginstal Windows Server 2008. Disini saya hanya memiliki harddisk dengan 1 buah partisi yang memiliki spase 50GB, dan saya ingin menggunakan seluruh harddisk saya untuk instalasi Windows Server 2008, maka saya klik partisi saya itu dan langung saya klik Next. Jika ingin membagi partisi , memfortmat, dan lain sebagainya, bisa menggunakan pilihan Drive Option (Advanced).
capture-9
12.Setelah mengklik Next tadi, maka proses pengcopyan file dari DVD ke harddisk pun dilakukan. Cepat atau lambat proses ini tergantung dari spesifikasi komputer .
capture-10
13.Setelah proses pengcopyan selesai komputer akan melakukan restart otomatis. Setelah itu akan muncul tulisan The users password must be changed before logging on the first time, Klik saja Ok, karena saya yakin sudah mengerti maksdunya.
capture-111
14.Jendela selanjutnya diharuskan memasukkan sebuah password baru. pada Windows Server 2008 password harus memiliki kriteria antara lain: 1) Password tidak mengandung username 2) Minimal terdiri dari 6 karakter 3) Mengandung huruf besar, huruf kecil, dan juga simbol. Jika sudah klik t panah yang ada disamping.
capture-13
15.Jika password diterima atau sesuai, maka instalasi pun selesai.


Comments

Banyak dibaca

4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Cetak Terbaik

Dalam dunia kerja atau dunia kuliah tentunya banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan untuk tugasnya ataupun untuk dokumen penting sebagai laporan pertanggungjawaban kepada atasan jika anda merupakan salah satu orang yang belum mengetahui didaerah mana letak percetakan terbaik di bekasi, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk membaca informasi 7 percetakan printing terbaik di bekasi. 4 Percetakan Printing Terbaik di Kota Bekasi Dengan Kualitas Print Terbaik, Cocok Untuk Anak Kuliah Desain 1. Digital Printing Bekasi Banyak nya kompetitor tidak membuat digital printing yang sudah berdiri sejak 10 tahun lebih ini patah semangat untuk memberikan inovasi baru dari tahun ke tahun, kelebihan dari toko ini yaitu memiliki tenaga kerja yang cukup dan berpengalaman, sehingga hasil print dan waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Digital Printing Bekasi adalah salah satu toko printing yang bisa dipercaya kualitasnya Informasi  Alamat    : Herjaya Print & Signage,

Pengertian IP Address dan Penjelasannya

Pengertian IP  addres Internet Protocol Address  atau sering disingkat  IP ) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan  Internet . Panjang dari angka ini adalah  32-bit  (untuk  IPv4  atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk  IPv6  atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari  komputer  tersebut pada jaringan Internet berbasis  TCP/IP Cara mengonversi angka yang biasa terdapat pada IP Address menjadi bilangan biner dengan manual sekaligus menghihitung ip broadcast dan IP Network pada suatu IP address yang diketahui, akan saya paparkan di sini: Cara mengonversi Bilangan bulat ke dalam Bil. Biner Sebelumnya apakah anda sudah benar benar mengerti tentang apa itu bilangan biner, jika belum saya akan jelaskan terlebih dahulu. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1, bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Sistem ini juga dapat

Download Driver Printer Epson L385 Free For Windows 7,8,10

Download Driver Printer Epson L385,L365 Dan lainnya. Pertama saya akan memperkenalkan produk Printer Epson L385 Secara singkat, Printer Epson L385 ini memiliki keunggulan salah satunya yaitu head dan catridge terpisah dan pengisian tinta pun ada di luar sehingga kemungkian head atau catridge untuk rusak sangat jauh dibanding dengan printer lainnya. nah keunggulan yang lainnya yang saya sudah rasakan adalah kualitas yang sangat bagus dalam menscan dokumen foto atau apapun itu ketika saya scan nampak hasilnya sangat bagus sekali, silahkan anda coba sendiri. Nah untuk memanfaatkan waktu marilah kita mulai tutorial bagaimana cara instal dan link download Printer Epson L385 Hal - hal yang harus di lakukan adalah Pertama Download driver di link berikut ini Driver Epson L385 Kedua Klik Driver yang sudah di download tadi dan klik run dan muncul jendela untuk instal lalu klik yes Ketiga Kemudian setelah itu file akan compres otomatis dan keluar beberapa step untuk insta